Sabtu, 29 Maret 2014

Dampak Globalisasi



a. Di bidang pendidikan
Pada bidang ini, standar evaluasi, kurikulum, pendanaan, standar pengajar sangat terasa tekanan regional maupun internasional. Pada tingkat universitas tuntutan untuk penyesuaian berstandar internasional semakin terasa.

b. Di bidang ekonomi
Efek pasar bebas membuat banyak masalah terhadap perekonomian suatu bangsa. Produk local yang dulu menguasai pasar akhirnya tergeser produk impor yang lebih murah. Persaingan secara internasional terkadang serasa tak adil bagi pelaku ekonomi kecil yang di Negara kita khususnya kurang diperhatikan.

c. Di bidang politik
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Negara-negara maju sangat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan politik Negara berkembang. Upaya pemerintah untuk meminimalkan tekanan politik dari luar adalah suatu syarat untuk mempertahankan eksistensi kita.

d. Di bidang bahasa
Penguasaan bahasa internasional menjadi suatu kewajiban jika ingin bersaing secara global.

e. Di bidang informasi
Informasi merupakan salah satu aspek yang sekarang benar-benar dapat diakses di segala penjuru dunia. Internet berperang vital dalam mendorong globalisasi informasi.

f. Di bidang teknologi
Terkait dengan informasi yang dapat diperoleh secara global. Sebagai contoh dengan mudah kita dapat mencari produk apa yang dapat dicari melalui mesin pencari online.

g. Di bidang budaya
Secara sadar ataupun tidak kebudayaan local akan tekikis oleh pengaruh global. Kesenian-kesenian tradisional dan budaya leluhur menjadi tidak popular di kalangan anak negeri.



sumber :http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2356544-globalisasi/#ixzz2vYUjiH9q

0 komentar:

Posting Komentar